Laporan hasil Voting Blog

Mau tau? buka about-labschool

Jumat, 12 September 2008

with little thing


With little thing
Selamat datang di Blogger Bento-Box ini. Saya Mokhamad Carnegie Trihandono (atau kalian bisa panggil saya Bento-Box) akan memberi tahu beberapa kegiatan kecil untuk mencegah dampak global Warming di bumi ini. Hey! walaupu hanya kegiatan kecil. jangan meremehkannya mungkin teman-teman berpikir bahwa kegiatan kecil hanya akan memberi dampak yang kecil pula. Sekarang buang jauh-jauh pikiran itu danapabila kalian. karena apabila sobat-sobat melakukan semua kegiatan ini setitik kecil yang kalian berikan bisa menjadi sebesar bumi ini.
1. Dalam Rumah
-Menanam tanaman di halaman rumah:
Kenapa menanam tanaman bisa mencegah dampak global Warming? Fuuuh.... Siang ini panas sekali bukan, ya! ini memang dampak global warming. Menanam pohon sangat bermanfaat pada dampak global warming ini. kita tahu selain memperindah halamn rumah kamu tanaman juga menghirup Karbondioksida yang menyebabkan salah satu penipisan lapisan ozon! jadi, bila ada tanaman di sekeliling rumahmu mungkin bakal sejuk-sejuk sedikit!
-Mematikan AC bila tidak dinyalakan
Mungkin kalian baru tau bahwa zat yang dikeluarkan AC salah satunya adalah CFC. CFC adalah suatu zat yang paling membantu penipisan Lapisan Atmosfer bumi. Jadi mulai sekarang apabila sedang tidak ada dirumah selalu matikan AC.
-Kurangi pemakaian plastik
Plastik adalah zat yang baru bisa diuraikan dalam bumi selama Beribu-ribu tahun. Tapi jangan sekali-kali membakar sampah plastik seenaknya karena sisa zat plastik adalah zat yang sangat berbahaya bila kita hirup!
-Jangan sering-sering buka lemari es
Apa hubungannya? ya mungkin ini sama saja dengan dampak yang ditimbulkan oleh AC yaitu CFC. Apabila kamu membuka Lemari Es kita akan merasakan dingin tapi dalam dingin itu juga tercampur dengan zat CFC tersebut. jadi, mulai sekarang sobat-sobat jangan membuka lemari es lebar-lebar dan jangan juga lama-lama. Ambil bahan seperlunya lalu segera tutup apabila sudah selesai.
2. Diluar rumah
-Jangan sering-sering memakai sumpit kayu.
mungkin kalian pikir tidak ada hubungannya tapi kalian tau kan bahan pembuat sumpit kayu? coba tebak! Yaiya lah kayu masa yaiya dong. tapi kalian harus tau kayu diambil dari pohon, dan pohon berperan penting dalam Pencegahan global warming. bila ditebang terus-terusan nanti hutan gundul. Makin panazzz aja dech! jadi mulai sekarang, apabila kamu suka makan direstoran hoka-hoka ***** atau restoran yang memakai sumpit kayu, coba deh. kamu gak usah ambil sumpit kayunya. kalo perlu bawa dari rumah sumpit yang bisa dicuci.
-Jangan sering-sering membawa belanjaan dengan kantong kresek
Apa kalian suka pergi ke Mall atau Supermarket? kalau saya sih suka sekali! biasanya kita akan diberkan tempat untuk membawa belanjaaan yaitu kantuing kresek. tau kan kalau itu terbuat dari plastik! Makanya bila kamu mau pergi ke supermarket/mall bawa saja tas sendiri. atau mungkin dengan greenbag. yaitu tas yang ramah lingkungan dan dapat dipakai berkali-kali. beberapa supermarket sudah mulai menjualnya dengan harga yang sangat terjangkau koq. tapi kalau habis beli greenbag itu jangan cuma ditaruh di rumah, bawa juga kalau pergi belanja lagi.
-Minimalkan memakai kendaraan bermotor
BBM naik terus! kenapa bisa begitu? karena persediaan minyak di bumi sudah mulai langka. Kalian tau kan asap yang dikeluarkan Kendaraan Bermotor. asap itu terdiri dari karbonmonoksida yang mengakibatkan efek rumah kaca di lapisan atmosfer bumi. sebenarnya efek rumah kaca itulah yang menimbulkan global Warming. makanya sekarang kalau mau pergi ke toko seberang komplek jangan main cabut pake mobil/motor. coba deh jalan kaki atau nggak naik sepeda. selain menyelamatkan bumi, bisa buat olahraga, bisa juga buat menghemat pengeluaran BBM.
-

Tidak ada komentar: